Cara Menghilangkan Stress

1. Tarik nafas dalam-dalam

Sewaktu kamu menarik nafas yang dalam secara sadar, itu akan membuat kamu lebih relax, kata Frederic Luskin, PhD, pengarang Stress Free for Godd (HarperOne). Taruh tanganmu diatas perutmu dan pandanglah perutmu yangg mengembang sekitar 3-4 detik ketika kamu menarik nafas dalam, tahan nafasmu, kemudian lepaskan nafasmu pelan-pelan sambil melihat perutmu mengecil lagi.

2. Memikirkan hal yang menyenangkan

Setiap pagi, pikirkan 1 hal kecil yang menyenangkan yang kamu rencakan untuk dilakukan pada hari itu (nelponin sang pacar) dan 1 hal besar (trip jalan-jalan ke gunung), demikian saran Allen elkin PhD, direktur Stree Manajemen dan pusat konsultasi. Dengan demikian akan melatih otak anda untuk tidak memikirkan kejadian tidak mengenakan yang akan terjadi hari itu..m

3. Lakukan perubahan kecil terhadap rutinitas anda.

Lakukan perubahan kecil terhadap rutinitas sehari-hari anda. contoh: menyoba makanan baru yang tidak pernah anda rasakan.

4. Keluarkan foto-foto hari special anda yg berbahagia

Keluarkan foto-foto dari 3 hari spesial anda yg berbahagia, seperti

foto ketika anda mendapat penghargaan, kelahiran anak, dsb. Hanya memandang foto-foto itu selama 10 detik dapat mengurangi ketengangan anda dan anda akan lebih relax.

5. Berilah pujian untuk sekeliling anda

Studi menemukan bahwa semakin banyak anda memberikan perlakuan hangat kepada sekeliling anda, semakin anda tahan terhadap stress. Maka pujilah hasil kerja teman-teman anda karena itu akan berakibat baik untuk kedua belah pihak.

6. Jadilah hari Senin itu sebagai hari yang menyenangkan

Banyak orang yg tidak suka akan hari Senin karena memikirkan kerjaan menumpuk dan penantian yang lama untuk ke akhir minggu. Serangan jantung juga lebih banyak terjadi di hari Senin daripada hari-hari lainnya. Oleh sebab itu, jadwalkan kegiatan yang menyenangkan anda justru di hari Senin karena anda akan menanti-nantikan hari tersebtu daripada membencinya.

7. Berilah waktu 15 menit untuk anda sendiri sebelum pulang ke rumah

Setelah jam kerja berakhir, bersantailah sekitar 15 menit untuk diri anda sendiri sebelum memutuskan untuk pulang ke rumah. Itu bukanlah berarti anda menghabiskan waktu, tetapi akan membantu diri anda untuk menjauhkan kepenakan yang anda dapatkan di kantor sehingga mood anda akan menjadi lebih baik saat anda tiba di rumah.

8. Buatlah daftar tentang kekhawatiran anda

Kadang anda terlalu khawatir sampai tidak bisa tidur di malam hari. Jika ini terjadi, ambillah kertas dan tulislah semua kekhawatiran mu. Kemudian bicaralah pada dirimu sendiri bahwa saya baru akan khawatir besok hari. Kamu akan terkejut kalau anda akan memandang kekhawatiran tersebut secara berbeda keesokan harinya.

9. Belajar untuk bertengkar secara fair

Dalam suatu polling, bertengkar dengan sesama adalah salah satu stress terbesar. Menurut bonnie Eaker Weil, PhD, ambilah 5 menit time-out untuk menarik nafas dan calm down dan akhirilah pertengkaran dengan hal-hal yang positif seperti seling peluk atau cium. ini akan mengurangi stress anda.

10. Menghirup wangi tanam-tanaman

 

Menurut Sue Jonas ahli aromaterapi, mencium wangi Valerian bisa membantu anda tidur dan wangi bunga mawar akan menenangkan anda.

11. Melihat dari sudut pandang yg berbeda

Pada saat kita menghadapi masalah, cobalah melihat dari sudut pandang yg berbeda. Tariklah nafas yang dalam, dan bayangkan stress anda yang mengecil dan kebahagiaan yang menanti anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s