Pengertian Kepribadian Diri

Konsep kepribadian adalah konsep yang luas sehingga tidak mungkin dapat merumuskan satu definisi yang tajam tapi dapat mencangkup keseluruhannya. Oleh karena itu, pengertian dari satu ahli dengan yang lainnya berbeda-beda. Namun demikian, definisi yang berbeda-beda tersebut saling melengkapi dan memperkaya pemahaman tentang konsep kepribadian. Beberapa definisi kepribadian menurut para ahli antara lain sebagai berikut.

1. Gordon W. Allport (1937)
Personality is the dynamic organization within the individual of those psychophysical system that determine his unique adjustment to his environment.

“Kepribadian ialah organisasi sistem jiwa raga yang dinamis dalam diri individu yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya”.

2. M.A.W. Brower

Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan sikap – sikap seseorang.

3. Theodore M. Newcomb

Kepribadian adalah organisasi sikap – sikap (predispositions) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.

4. J. Milton Yinger

Kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

5. John F. Cuber

Kepribadian adalah gabungan keseluruhan dari sifat – sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s